Langsung ke konten utama

SIMPLE LIFE (A Beautiful Lesson from One of The Richest Man in The World)

(Hidup Sederhana, Sebuah Pelajaran Indah dari Salah Satu Orang Terkaya di Dunia)
 
 
There was a one hour interview on CNBC with Warren Buffet, the second richest man who has donated $31 billion to charity. Following are some very interesting aspects of his life:

(Sebuah wawancara satu jam di CNBC bersama Warren Buffet, orang terkaya no. 2 di dunia yang telah mendonasikan 31 milliar US Dollar untuk kegiatan amal. Berikut ini adalah beberapa aspek yang menarik dalam hidupnya)

 
1. He bought his first share at age 11 and he now regrets that he started too late!  

(Ia melakukan investasi pertamanya pada usia 11 tahun yang sekarang disadarinya bahwa sebenarnya itu cukup terlambat)
 
 
Things were very cheap that time. Encourage your children to invest

(Segala sesuatu masih terjangkau saat itu, doronglah anak-anak anda untuk melakukannnya sejak dini)
 
 
2. He bought a small farm at age 14 with savings from delivering newspapers. One could have bought many things with little savings.
   
(Ia  membeli  sebuah  peternakan kecilnya  saat usia 14 tahun melalui tabungannya  dari  hasilnya mengantar koran.

Segala  sesuatu  dapat dilakukan dengan tabungan, meski sekecil apapun)
 
 Encourage your children to start some kind of business
(doronglah anak anda untuk memulai sebuah bisnis sejak dini)
 
 
3.  He still lives in the same small 3-bedroom house in mid-town Omaha , that he bought after he got married 50 years ago. He says that he has everything he needs in that house. His house does not have a wall or a fence.

(Ia masih tetap tinggal di sebuah rumah kecil dengan 3 kamar tidur di wilayah tengah kota Omaha yang sama dengan yang ia beli sesaat setelah ia menikah lima puluh tahun yang lalu. Ia berkata bahwa segala yang ia butuhkan dalam hidup sudah tersedia di rumah itu. Rumahnya bahkan tidak memiliki tembok pembatas dan juga pagar)
 
 
Don't buy more than what you "really need" and encourage your children to do and think the same

(Jangan pernah membeli lebih dari apa yang sesungguhnya anda butuhkan dan doronglah anak2x anda untuk melakukan dan juga berpikir sama)
 
 
4. He drives his own car everywhere and does not have a driver or security people around him. 

(Kemanapun ia pergi, ia mengemudikan sendiri mobilnya dan ia juga tidak memiliki supir maupun pengawal pribadi di sekelilingnya. Catatan: Ia hanya punya satu mobil saja dan itu pun keluaran tahun jadul, Warren baru beli mobil baru setelah satu yang lama itu benar2x rusak dan tak dapat digunakan lagi (what a man...))
 
 
You are what you are

(Dirimu adalah apa yang kau lakukan)
 
 
5. He never travels by private jet, although he owns the world's largest private jet company. 

(Ia tidak pernah terbang dengan jet pribadi, meski dia saat ini adalah seorang pemilik perusahaan jet pribadi terbesar di dunia. Catatan:  Kemanapun Warren pergi, ia selalu menggunakan kelas ekonomi)
 
 
Always think how you can accomplish things economically

(Selalu berpikir bagaimana menyelesaikan segala sesuatu dengan seekonomis mungkin) 
 
 
6. His company, Berkshire Hathaway, owns 63 companies. He writes only one letter each year to the CEOs of these companies, giving them goals for the year. He never holds meetings or calls them on a regular basis.

(Perusahaannya Berkshire Hathaway memiliki 63 perusahaan. Ia hanya menulis satu surat saja setiap tahunnya kepada seluruh CEO dari perusahaan-perusahaannya itu, memberi mereka target untuk tahun itu. Ia tidak pernah mengadakan rapat atau menelpon mereka dalam kegiatan regular perusahaan)
 
 
Assign the right people to the right jobs

(Tugaskan orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat)
 
 
7. He has given his CEO's only two rules.
   Rule number 1: do not lose any of your share holder's money.
   Rule number 2: Do not forget rule number 1.
   
(Ia hanya memberikan CEO-nya 2 aturan saja:  1. Jangan pernah merugikan para pemegang saham;  2. Jangan lupakan aturan No.1)
 
 
Set goals and make sure people focus on them

(Tentukan sasaran dan pastikan mereka fokus pada targetnya)
 
 
8. He does not socialize with the high society crowd. His past time after he gets home is to make himself some pop corn and watch Television.

(Ia tidak pernah bersosialisasi dengan orang-orang dari kalangan atas. Waktu senggangnya hanya dihabiskannya di dalam rumah, nonton TV sambil menikmati popcorn. Catatan: Sejauh ini, ia memasak, cuci baju dan membersihkan rumahnya sendiri, karena ia tidak memiliki pembantu, dengan alasan supaya menjaga tubuhnya tetap sehat. Karena rumahnya hanya satu dan kecil pula, maka ia masih tetap bisa melakukannya hingga saat ini. Makanan favoritnya BIG MAC BURGER (sehingga saat diundang oleh pemilik koran Washington Post untuk makan di restoran mewah, karena tak terbiasa menggunakan alat, ia makan lobster langsung dengan tangan). Film favoritnya TOM & JERRY)
 
 
Don't try to show off, just be your self and do what you enjoy doing

(Dalam hidup, gak perlu pamer, cukup jadilah dirimu sendiri & lakukan segala hal yang kamu nikmati)
 
 
9. Warren Buffet does not carry a cell phone, nor has a computer on  his desk.

(Warren Buffet gak punya handphone, komputer. Catatan: Ia masih pakai telpon rumah biasa dan bila terpaksa menggunakan komputer, ia pasti meminta tolong orang lain untuk membantunya)   
 
 
10.Bill Gates, the world's richest man met him for the first time only 5 years ago. Bill Gates did not think he had anything in common with Warren Buffet. So he had scheduled his meeting only for half hour. But when Gates met him, the meeting lasted for ten hours and Bill Gates became a devotee of Warren Buffet.
 
(Bill Gates, orang terkaya di dunia bertemu dirinya pertama kali sekitar lima tahun yg lalu. Saat itu Bill Gates merasa tidak banyak kesamaan dengan Warren. Sehingga ia menjadwalkan pertemuannya dengan Warren hanya setengah jam saja. Tapi saat Gates bertemu dengannya, pertemuan itu baru berakhir 10 jam kemudian dan sekarang Bill Gates menjadi pengagum Warren. Catatan:  hasil pertemuan itu kemudian menginspirasi Bill Gates mendirikan yayasan sosialnya, karena Bill kagum dengan kehidupan sederhana dan jiwa sosial yang tinggi dari seorang Warren)
 
 
His advice to young people:

(Sarannya untuk generasi muda)
 
 
1."Stay away from credit cards (bank loans) and invest in yourself and Remember:

(Jauhi kartu kredit (pinjaman bank) dan investasilah pada dirimu sendiri dan ingat...)
 Money doesn't create man but it is the man who created money.
(Uang tidak menciptakan manusia, tapi manusialah yang menciptakan uang)
 
 
2. Live your life as simple as you are.

(Hiduplah sesederhana mungkin)
 
 
3. Don't do what others say, just listen them, but do what you feel  good.

(Jangan lakukan apa yang orang lain katakan, cukup dengarkan mereka, tapi lakukan apa yang menurutmu baik)
 
 
4. Don't go on brand name; just wear those things in which you feel  comfortable.

(Tidak perlu terpengaruh merek, cukup gunakan segala sesuatu yang dapat membuatmu nyaman)
 
 
5. Don't waste your money on unnecessary things; just spend on them  who really in need rather.

(Tak perlu membuang uang untuk hal-hal yang tidak perlu, cukup keluarkan hanya untuk hal-hal yang memang sangat dibutuhkan)
 
 
6. After all it's your life then why give chance to others to rule our  life." 

(Lagipula itu hidup kamu, mengapa juga kamu memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengatur hidupmu)
 
 
Catatan: Saat ini ia telah membuat surat wasiat yang resmi secara hukum, bahwa Warren mendonasikan seluruh hartanya untuk seluruh yayasan sosial yang telah ditunjuknya dalam surat wasiatnya itu, saat ia meninggal dunia kelak. Warren sama skali tidak meninggalkan hartanya sepeser pun untuk anak2x-nya, karena ia memang telah mendorong anak2x-nya untuk dapat SUKSES DENGAN USAHA SENDIRI (dan kebetulan anak2x-nya sekarang sudah sukses dalam bidangnya masing2x, sehingga Warren memang sangat layak bila melakukan hal itu).
 
 
Jackie Chan juga sangat terinspirasi dengan Warren, sehingga ia menjual lebih dari 60% aset properti dan koleksi kendaraannya dan kemudian 100% hasil penjualannnya didonasikan ke berbagai kegiatan sosial, setelah ia membaca buku biografi Warren Buffet. Demikian pula dengan Chow Yun Fat, yang mewariskan 100% harta pribadinya untuk kegiatan sosial, saat ia meninggal kelak.
 
 
                     “The HAPPIEST people DO NOT necessarily have the BEST of all.
                            They simply APPRECIATE what they find on their way”

(Orang yang paling BAHAGIA tidaklah perlu memiliki segala hal yang terbaik dalam hidup, tapi mereka yang telah mampu mensyukuri segala hal yang mereka peroleh di sepanjang perjalanan hidup mereka)
 
 
 
                                               Let us choose the way to live
                                   (Biarkan kita yang memilih jalan hidup kita sendiri)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

♥ CANTIK YG SESUNGGUHNYA (sbuah share yg inspiratif dr BB seorang sahabat)

Suatu pagi seorang gadis berkata pada Ibunya, : "Ibu, ibu selalu terlihat cantik. Aku ingin sepertimu. Beritahulah aku caranya..." Dengan tatapan lembut & senyum haru, sang Ibu menjawab, : "Untuk Bibir yang menarik, ucapkanlah perkataan yang baik... " "Untuk pipi yang lesung, tebarkanlah senyum ikhlas kepada siapapun... " "Untuk mata yang indah menawan, lihatlah selalu kebaikan orang lain..." "Untuk tubuh yang langsing, sisihkanlah makanan untuk fakir miskin..." "Untuk jemari tangan yang lentik menawan, hitunglah kebajikan yang telah diperbuat..." "Untuk wajah putih bercahaya, bersihkanlah kekotoran bathin ... Anakku...Kecantikan fisik akan pudar oleh waktu. Kecantikan prilaku tidak akan pudar walau oleh kematian... Selamat berjuang menyemai & menanam bibit 2x kebajikan... Ingat ! Kesempάtάn tidάk membuάt hidup kitά lebih bάik, Tάpi Perubάhάn diri kitά mengubάh segάlάnyά..

Apa itu CINTA??? (By : Michael Valentino)

Apakah telapak tanganmu berkeringat, jantungmu berdetak cepat, dan suaramu tercekat saat berada di dekatnya? * Itu bukan Cinta, itu Suka. Apakah kamu tak bisa melepaskan pandangan atau genggaman dari dirinya? * Itu bukan Cinta, itu Nafsu. Apakah kamu menginginkan dia saat dia sedang tidak ada? * Itu bukan Cinta, itu Kesepian. Apakah kamu ada di sana karena itulah yang diinginkannya? * Itu bukan Cinta, itu Kesetiaan. Apakah kamu menerima pengakuan cintanya karena kamu tak ingin menyakitinya? * Itu bukan Cinta, itu Kasihan. Apakah kamu ada di sana karena dia memelukmu atau menggenggam tanganmu? * Itu bukan Cinta, itu Ketergantungan. Apakah kamu ingin memilikinya karena tatapan matanya membuat hatimu berdegup kencang? * Itu bukan Cinta, itu Tergila-gila. Apakah kamu memaafkan kesalahannya karena kamu peduli padanya? * Itu bukan Cinta, itu Persahabatan. Apakah kamu mengatakan padanya setiap hari bahwa dialah satu-satunya orang yang kamu pikirkan? * Itu bukan Cinta,

SEANDAINYA ESOK TAK PERNAH DATANG (By Norma Cornett Marek)

‎​ Bila kutahu ini akan menjadi terakhir kalinya kulihat dirimu terlelap tidur….. Aku akan menyelimutimu dengan lebih rapat, dan berdoa kepada Tuhan agar menjaga jiwamu...... Bila kutahu ini akan menjadi terakhir kalinya kulihat dirimu melangkah keluar pintu... Aku akan memelukmu erat dan mencium mu, dan memanggilmu kembali untuk melakukannya sekali lagi........ Bila kutahu ini akan menjadi terakhir kalinya kudengar suaramu memuji....... Aku akan merekam setiap kata dan tindakan, dan memutarnya lagi sepanjang sisa hariku.......... Bila kutahu ini akan menjadi terakhir kalinya, aku akan meluangkan waktu extra satu atau dua menit........untuk berhenti dan mengatakan ”Aku mencintai mu” , dan bukannya menganggap kau sudah tahu..................... JADI.....untuk berjaga jaga seandainya esok tak pernah datang, dan hari inilah yang kupunya......... Aku ingin mengatakan betapa aku sangat mencintaimu, dan kuharap KITA takkan pernah lupa........Esok tak dijanjikan kepada siapap