Langsung ke konten utama

Kotak Coklat itu bernama CINTA

Untuk hati menjatuhkan pada sebuah keputusan di tengah ragam pilihan bukan sebuah pekerjaan mudah. Dan saat menemukan pun, memerlukan ekstra tenaga lagi karena sang pilihan belum tentu memiliki arus yang sama dengan harapan kita. Sementara saat arus sudah saling bertemu pun, masih harus berjuang lagi untuk menembus pagar restu dari ayah dan bunda terkasih. Lalu setelah tahu betapa tidak mudahnya berjuang, kadang terasa menggemaskan saat itu harus pecah berantakan bahkan karena masalah yang sangat sepele.



Teladan dari masa lalu.

Meski gak semua kisah romanties masa lalu adalah baik, namun ada prinsip dasar yang masih bisa kita gali. Seperti salah satunya,”kita hidup di masa bila barang rusak berusaha diperbaiki sekuat tenaga, sementara jaman sekarang baru rusak sedikit langsung ganti atau buang”. Dan filosofi sederhana itulah yang membuat banyak kisah cinta masa lalu relatif bisa bertahan abadi hingga hanya maut yang memisahkan, karena berdua saling bekerja sama berjuang sekuat tenaga untuk memperbaiki saat “barang” (cinta) mereka sedang membutuhkan servis.


Demikian pula prinsip klasik yang positif lainnya,”menyokong orang tua, rejekimu takkan pernah habis”. Saya memperoleh filosofi ini dari beberapa senior yang menyampaikan bahwa yang dimaksud “rejeki” di sini bukan melulu bicara tentang kekayaan materi, melainkan juga kelimpahan berkah dalam bentuk anak (dan juga mantu serta cucu yang berbakti) karena contoh nyata seperti disampaikan mereka sudah jelas berdampak jauh lebih dalam dibandingkan sekedar ribuan nasehat.


Menurut mereka, uang memang penting, karena dalam semua aspek kehidupan bahkan hingga kematian sekalipun masih membutuhkan materi, namun memiliki berkah keluarga bahagia juga jelas tak dapat digantikan dengan uang sebanyak apapun, karena ketulusan dan bakti yang penuh takkan pernah dapat digantikan dengan uang.


Sebab uang sebanyak apapun, sayangnya belum tentu menjamin akan dipergunakan untuk kebutuhan orang tuanya, bahkan dalam beberapa kondisi berani “memperhitungkan” dengan orang tuanya (setelah orang tua tiada antara berebut warisan hingga hubungan saudara tak dipedulikan lagi yang penting dapat harta ATAU uang duka dijadikan pengganti biaya rumah sakit atau biaya perkabungan oleh pihak anak yang kebetulan keluar, tanpa memandang bahwa itu BAKTI dan bukan BISNIS).


Belum lagi perasaan sudah berbakti, karena sudah memberikan tunjangan kehidupan termasuk perjalanan ke mancanegara dan perawatan kesehatan kelas utama, namun lupa bahwa para orang tua saat menua, selain tenaga sudah sangat jauh berkurang juga mereka membutuhkan perhatian seperti didengarkan, digandeng atau sebuah pelukan hangat. Uang memang mungkin sepertti terlihat bisa menyelesaikan segalanya, namun ternyata takkan pernah mampu menyelesaikan yang namanya CINTA, HATI, PERASAAN DAN BAKTI.



Penutup

Pada akhirnya, seperti kata kutipan klasik bahwa “money can buy a house but not a home” maka demikianlah kehidupan seharusnya diarahkan. Hidup takkan pernah bisa sempurna, namun setidaknya HATI tetap akan selalu jauh lebih menang dan lebih berharga daripada sekedar HARTA. Begitu banyak dari kita yang mengejar harta hingga mengorbankan kesehatan untuk kemudian menghabiskan harta kita untuk memperbaiki kesehatan kita. Begitu semangat kita mencari uang dengan maksud demi kebahagiaan anak dan pasangan, namun akhirnya kita justru malah kehilangan mereka semua, karena mereka tumbuh tanpa cinta sebab kita tak pernah HADIR untuk mereka. Uang habis masih bisa dicari, namun sebagaimana sudah disampaikan di atas, hati yang hilang sudah pasti akan sulit ditemukan yang SAMA lagi. Karena uang memamg mampu membeli dan menggantikan segalanya, namun takkan pernah bisa membeli ketulusan hati dan menggantikan kebahagiaan sejati. Sebagaimana filosofi film Forest Gump,”Hidup itu seperti kotak coklat, kita takkan pernah bisa menebak isi apa yang akan kita terima. Namun satu hal yang akan selalu sama, meski mungkin (coklatnya) akan berbeda-beda, tapi akan memiliki satu rasa yang sama yaitu manis. Demikian pula kehidupan, kita takkan pernah bisa menebak kejadian selanjutnya apa yang kita terima, namun satu hal yang sama, apapun kondisinya akan selalu terasa manis saat kita bisa menghadapinya dengan hati penuh cinta”`



Always with love


Wedy _/\_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

♥ CANTIK YG SESUNGGUHNYA (sbuah share yg inspiratif dr BB seorang sahabat)

Suatu pagi seorang gadis berkata pada Ibunya, : "Ibu, ibu selalu terlihat cantik. Aku ingin sepertimu. Beritahulah aku caranya..." Dengan tatapan lembut & senyum haru, sang Ibu menjawab, : "Untuk Bibir yang menarik, ucapkanlah perkataan yang baik... " "Untuk pipi yang lesung, tebarkanlah senyum ikhlas kepada siapapun... " "Untuk mata yang indah menawan, lihatlah selalu kebaikan orang lain..." "Untuk tubuh yang langsing, sisihkanlah makanan untuk fakir miskin..." "Untuk jemari tangan yang lentik menawan, hitunglah kebajikan yang telah diperbuat..." "Untuk wajah putih bercahaya, bersihkanlah kekotoran bathin ... Anakku...Kecantikan fisik akan pudar oleh waktu. Kecantikan prilaku tidak akan pudar walau oleh kematian... Selamat berjuang menyemai & menanam bibit 2x kebajikan... Ingat ! Kesempάtάn tidάk membuάt hidup kitά lebih bάik, Tάpi Perubάhάn diri kitά mengubάh segάlάnyά..

SEANDAINYA ESOK TAK PERNAH DATANG (By Norma Cornett Marek)

‎​ Bila kutahu ini akan menjadi terakhir kalinya kulihat dirimu terlelap tidur….. Aku akan menyelimutimu dengan lebih rapat, dan berdoa kepada Tuhan agar menjaga jiwamu...... Bila kutahu ini akan menjadi terakhir kalinya kulihat dirimu melangkah keluar pintu... Aku akan memelukmu erat dan mencium mu, dan memanggilmu kembali untuk melakukannya sekali lagi........ Bila kutahu ini akan menjadi terakhir kalinya kudengar suaramu memuji....... Aku akan merekam setiap kata dan tindakan, dan memutarnya lagi sepanjang sisa hariku.......... Bila kutahu ini akan menjadi terakhir kalinya, aku akan meluangkan waktu extra satu atau dua menit........untuk berhenti dan mengatakan ”Aku mencintai mu” , dan bukannya menganggap kau sudah tahu..................... JADI.....untuk berjaga jaga seandainya esok tak pernah datang, dan hari inilah yang kupunya......... Aku ingin mengatakan betapa aku sangat mencintaimu, dan kuharap KITA takkan pernah lupa........Esok tak dijanjikan kepada siapap

Apa itu CINTA??? (By : Michael Valentino)

Apakah telapak tanganmu berkeringat, jantungmu berdetak cepat, dan suaramu tercekat saat berada di dekatnya? * Itu bukan Cinta, itu Suka. Apakah kamu tak bisa melepaskan pandangan atau genggaman dari dirinya? * Itu bukan Cinta, itu Nafsu. Apakah kamu menginginkan dia saat dia sedang tidak ada? * Itu bukan Cinta, itu Kesepian. Apakah kamu ada di sana karena itulah yang diinginkannya? * Itu bukan Cinta, itu Kesetiaan. Apakah kamu menerima pengakuan cintanya karena kamu tak ingin menyakitinya? * Itu bukan Cinta, itu Kasihan. Apakah kamu ada di sana karena dia memelukmu atau menggenggam tanganmu? * Itu bukan Cinta, itu Ketergantungan. Apakah kamu ingin memilikinya karena tatapan matanya membuat hatimu berdegup kencang? * Itu bukan Cinta, itu Tergila-gila. Apakah kamu memaafkan kesalahannya karena kamu peduli padanya? * Itu bukan Cinta, itu Persahabatan. Apakah kamu mengatakan padanya setiap hari bahwa dialah satu-satunya orang yang kamu pikirkan? * Itu bukan Cinta,